Senin, 17 Agustus 2015

Ketagihan Clash Of Clans

Clash of Clans merupakan permainan yang tidak asing lagi didengar.Bagi penikmat game dan juga pemilik ponsel pintar, Clash of Clans adalah sebuah permainan tentang strategi yang akan selalu siap menemani waktu luang mereka.

ketagihan clash of clans


Ketagihan Clash of Clans merupakan suatu hal yang banyak dialami oleh para pemain.Menatap serta mengetuk layar ponsel pintar kini menjadi kebiasaan tersendiri ketika Clash of Clans mulai diluncurkan pada perangkat IOS di tahun 2012 dan tahun 2013, Android juga menyusul.

Banyaknya orang yang mengunduh dan memainkan permainan ini juga turut meningkatkan pendapatan pembesutnya yaitu Supercell. Pada tahun lalu, perusahan game yang bermarkas di Helsinki tersebut berhasil meraup pundi-pundi hingga 1,1 milyar poundsterling. Jumlah yang mencapai triliunan ketika dikonversikan ke rupiah tersebut merupakan angka fantastis yang diraup hanya dalam waktu 1-2 tahun sejak peluncuran Clash of Clans.

Angka yang diraup Supercell tersebut rasanya akan terus bertambah mengingat hingga saat ini di tahun 2015, Clash of Clans masih menduduki tempat pertama pada top free perangkat android serta berhasil bertahan di posisi nomor satu pada top grossing perangkat ios.

Selain para pemain yang dituntut untuk memiliki strategi yang tepat dalam bermain Clash of Clans, Supercell sendiri juga melakukan strategi agar para pemain tersebut terus bermain sekaligus menjaring para pemain baru untuk bergabung, Salah satu cara yang dilakukan oleh Supercell untuk menguatkan game mereka adalah dengan membuat tokoh-tokoh Clash of Clans yang berkarakter kuat dan mudah diserap oleh benak.

Tokoh-tokoh dari Clash of Clans ini kemudian dibuatkan video singkat yang kemudian diunggah ke situs youtube. Supercell juga menggunakan video iklan singkat pada youtube sehingga penikmat youtube harus melihat sekilas iklan tersebut sebelum menekan tombol skip.

Tokoh-tokoh dengan penggambaran yang mudah dikenal pada setiap video yang dibuat membuat penikmat dunia maya sangat familiar tentang Clash of Clans.

Supercell juga tidak tanggung-tanggung dengan menggaet Liam Neeson, aktor Hollywood yang akhir-akhir ini terkenal dengan film actionnya, untuk menjadi bagian dari iklan Clash of Clans yang dibuatnya. Meski terlihat bahwa Supercell juga melakukan kerja keras dan membayar harga yang tidak sedikit tetapi semuanya terbayarkan dengan prestasi Clash of Clans yang masih bertahan di top unduhan baik di android maupun ios.

Selain gencar melakukan promosi, Supercell juga mempunyai strategi ampuh yaitu dengan menjadikan permainan ini gratis untuk diunduh. Proses pengunduhan yang tidak mengeluarkan biaya ini mampu menarik banyak pengguna ponsel pintar untuk mengunduh Clash of Clans ke dalam ponsel mereka.

Meski tidak seluruhnya akan bermain dan terus mempertahankan Clash of Clans sebagai aplikasi dalam ponsel mereka namun dari sekian banyak jumlah unduhan tersebut akan ada yang akan melanjutkan bermain di dalam dunia Clash of Clans. Sekian banyak jumlah pemain yang bertahan adalah karena telah menemukan kesenangan dalam permainan ini.

Permainan yang menuntut strategi jitu dari pemainnya ini seringkali mengundang rasa penasaran dari para pemain tersebut sehingga tidak dapat berhenti dalam bermain. Ketagihan Clash of Clans pun menjadi sebuah fenomena yang tidak dapat terhindarkan.

Peperangan antar kelompok dalam Clash of Clans juga semakin membuat ketagihan pemain tidak dapat hilang karena keseruan akan perang tersebut. Ketagihan akan permainan ini bukan hanya bicara tentang pemain yang tidak berhenti bermain saja namun juga tentang para pemain yang meski sudah merasa bosan dan berhenti beberapa saat tetap saja akan kembali bermain.

Ketagihan tersebut timbul karena permainan Clash of Clans yang seringkali sulit untuk dihentikan.

Strategi yang digunakan dalam menyerang desa pemain lain harus dipikirkan sedemikian rupa agar dapat menang. Permainan akan semakin tidak dapat dihentikan ketika strategi yang dilakukan dengan menggunakan troops yang murah ternyata mampu menang ketika menyerang desa pemain lain. Kemenangan yang diperoleh tersebut tidak lepas dari strategi jitu yang dipikirkan sehingga mampu menjarah barang-barang dari kelompok lain tersebut untuk digunakan dalam peningkatan desa sendiri.

Ketika strategi-strategi yang digunakan berhasil maka permainan tidak akan dengan mudah dihentikan. Selalu ada keinginan untuk mengalahkan desa kelompok lain agar pembangunan desa sendiri dapat dengan cepat ditingkatkan. Meskipun strategi yang dilakukan gagal pun, para pemain akan tidak akan berhenti akibat dari rasa penasaran.

Sederhananya menang atau kalah tidak akan membuat mereka berhenti karena Supercell telah merancang metode strategi yang selalu membuat pemain ingin bermain baik karena rasa penarasan maupun rasa haus terus meraih kemenangan.

Ketika para pemain tersebut menyerang desa kelompok lain dan berhasil menang maka mereka akan melakukan penjarahan guna meningkatkan desa sendiri. Peningkatan desa sendiri atau town hall inilah yang juga menjadi salah satu faktor dari ketagihan Clash of Clans. Setiap peningkatan town hall yang dialami maka akan memunculkan beragam fitur baru.

Rasa keingintahuan yang besar akan hal-hal baru tersebutlah yang membuat para pemain tidak dapat berhenti dalam bermain. Para pemain akan semakin berjuang untuk dapat meraih level yang paling tinggi. Town hall dengan level 10 merupakan hal yang paling diincar oleh para pemain. Mencapai goal tersebut perlu banyak waktu serta strategi yang dilakukan. Sebelum tujuan tersebut tercapai maka para pemain akan terus bermain serta memikirkan strategi-strategi baru demi terwujudnya town hall dengan level yang diidam-idamkan.

Para pemain di dalam Clash of Clans juga diberikan kemudahan untuk berinteraksi dengan pemain lain. Mengingat jumlah unduhan yang banyak akan Clash of Clans dan tersebar secara internasional maka pemain dapat melakukan interaksi dengan banyak pemain dari negara lain. Clash of Clans benar-benar membentuk dunia sendiri pada dunia maya sehingga terciptalah komunitas yang mengglobal di kalangan pemain COC.

Ketagihan Clash of Clans akan semakin bertambah jika banyak pemain dari segala tempat tersebut aktif dan membuat keinginan pemain untuk terus berkomunikasi serta bersama-sama memikirkan strategi jitu mencapai level tertinggi.

Salah satu pemain yang terkena efek ini adalah Ade pemilik Gamefbook, dia bermain COC sdh sekitar 2 tahun sampai-sampai membuat tutorial cara bermainnya di blog-nya.

2 komentar: